Kota Bengkulu 

PKK ajak Kader untuk Manfaatkan Lahan Pekarangan dan Pengolahan Sampah

Spread the love

BengkuluHebat.com- Tim Penggerak (TP) PKK Kota Bengkulu ikut andil dalam mendukung program Pemerintah Kota Bengkulu yakni Merdeka Sampah. Salah satu bentuk dukungan itu, TP PKK mengajak kader untuk mulai memanfaatkan lahan pekarangan dan pengolahan sampah rumah tangga.

Ini disampaikan oleh Ketua PKK Kota Bengkulu Hj Khairunnisa Helmi melalui Wakil Ketua 1 Hj. Dian Fitriani Wahyudi dalam acara sosiali pemanfaatan lahan pekarangan yang diikuti oleh 27 orang Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan dan 3 orang Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Sawah Lebar, Kamis (25/3/2021).

Prakteknya nanti, kader pokja III TP PKK akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu dan BPTP Kota Bengkulu.

“Saya berharap setelah kegiatan ini nantinya kita bisa menerapkan materi pengelolaan sampah rumah tangga dan pemanfaatan lahan pekarangan sehingga nanti kita bisa lebih paham saat akan sharing ke teman-teman yang lain,” ujar Dian Fitriani Wahyudi

Kegiatan sosialisasi ini memaparkan tiga materi yaitu tentang Bank Sampah, Pemanfaatan Pekarangan Untuk Tanaman Sayuran dan TOGA Baik di Lahan Maupun Hidroponik serta materi Pembuatan Pupuk dan Insektisida Hayati.

Selain itu, Ketua Pelakasana Sosialisasi Hj. Happy Wahyunani juga menyampaikan tujuan dilaksankannya sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, untuk meningkatkan kemendarian pangan dan meningkatkan penghasilan rumah tangga serta untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentangng pengeloalaan sampah.

“Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan materi-materi yang disampaikan dapat diterapkan di rumah dan masyarakat juga paham tentang pengelolaan sampah sehingga bernialai ekonomis” jelas Happy Wahyuni.

Perlu diketahui, penyampaian materi 1 tentang Bank Sampah disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup, penyampaian materi 2 tentang Pemanfaatan Pekarangan Untuk Tanaman Sayuran dan TOGA Baik di Lahan Maupun Hidroponik oleh Penyuluh BPTP dan penyampaian materi 3 Pembuatan Pupuk dan Insektisida Hayati oleh Peneliti 1 BPTP.

Related posts

Leave a Comment