Kota Bengkulu 

Gaji Petugas Kebersihan DLH Akan Dirapel 3 Bulan

Spread the love

BengkulHebat.com- Plt Kadis Lingkungan Hidup (LH) Kota Bengkulu, Rusman Effendy, meminta pahlawan-pahlawan kebersihan di Kota Bengkulu agar tidak termakan isu tentang petugas kebersihan yang belum gajian 3 bulan.
Menurut Rusman, isu tersebut dihembuskan tanpa ada konfirmasi dan tanpa cek informasi, selain itu sumbernya tidak jelas. “Memang gaji 3 bulan itu dirapel. Mereka (petugas kebersihan) sudah tahu gaji itu dirapel,” ungkap Rusman.

“Kan ada ketentuan baru tentang pengangkatan tenaga honor, termasuk petugas dari DLH. SK mereka insya Allah dalam minggu ini selesai, hari Senin atau Selasa kita kejar agar segera SK mereka keluar,” sambung Rusman.

Rusman menerangkan, ada sebanyak 294 pekerja di Organisasi Perangkat Daerahnya,
206 SK telah diterima minggu lalu dari BKPP dan 88 PTT akan di SK kan Senin. Sehingga gaji mereka yang sebelumnya bisa dirapel dan penggajian selanjutnya akan lancar seperti biasa.

“Tenaga kebersihan itu sudah tahu. Mereka kan ada koordinator masing-masing. Kenapa belum digaji, ya memang belum di-SK-kan. Setiap awal tahun memang dirapel 3 bulan, sama seperti Organisasi Perangkat Daerah lainnya. Jadi buat apa mengeluhkan tidak digaji, padahal kan memang dirapel,” jelas Rusman lagi.

Lebih lanjut Rusman mengatakan, DLH Kota Bengkulu tidak pernah memaksa tenaga kebersihan untuk bekerja sebagai tenaga honor. Termasuk tidak ada paksaan bagi tenaga kebersihan yang mengaku belum digaji 3 bulan.

“Tidak ada paksaan. Bahkan banyak kok tenaga kebersihan yang mendapat pekerjaan lain dan berhenti dari petugas kebersihan. Yang gajinya dirapel 3 bulan itu juga kami tidak memaksa mereka untuk kerja selama 3 bulan tersebut,” imbuh Rusman.
Bagi Rusman, petugas kebersihan selama ini menjadi salah satu prioritas Pemkot untuk mewujudkan Kota Bengkulu bersih. Sehingga Rusman berpesan, para petugas kebersihan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang hanya merusak citra mewujudkan kota bersih, yang informasinya tersebut tak terkonfirmasi.

“Tanyakan saja sama petugas kebersihan, mereka tahu kenapa 3 bulan belum gajian. Kalau tidak tahu, ya konfirmasi dulu biar tahu,” tukas Rusman.

Related posts

Leave a Comment